Selasa, 26 Juni 2012

TAUHID


T A U  H I D
Catatan : Anis Purwanto

Hal : Uluhiyah, Ubudiyah, Rububiyah dan Mulkiyah.
1. ULUHIYAH :
·         Yang dimaksud dengan uluhiyah adalah hal keberadaan Allah yang hanya satu. Allah itu ada dan hanya satu atau esa. Sebelum manusia ada, Allah telah ada. Sebelum dunia seisinya ada, Allah telah ada. Allah telah ada sebelum manusia dan alam seisinya ada, sebab Allah yang mengadakan manusia dan dunia seisinya. Yang mengadakan sesuatu pasti ada. Tanpa ada yang mengadakan, sesuatu tidak akan ada. Yang mengadakan alam seisinya hanya satu, sebab kalau lebih dari satu pasti timbul selisih pendapat. Yang mengadakan Allah, berarti yang selain Allah adalah barang yang diadakan, barang baru.
·         Maka uluhiyah pengertiannya : Allah itu ada dan esa, tanpa sekutu keberadaan-Nya, “qul huwallohu akhad”. Allah menyuruh berkata : “Katakanlah bahwa Allah itu hanya satu”. (Quran Surat Al Ihlas, : 1).
2. UBUDIYAH :
·         Yang dimaksud dengan ubudiyah adalah hal penyembahan atau pemujaan kepada Allah. Hanya Allah yang wajib disembah, sendirian. Tidak ada yang lain yang berhak disembah kecuali hanya Allah. Allah yang berhak disembah, berarti manusia wajib menyembah Allah. Hak Allah adalah kewajiban manusia, kewajiban manusia adalah hak Allah. Contoh lain, Pegawai Negeri berhak menerima gaji dari Pemerintah, berarti Pemerintah wajib memberi gaji pegawai negeri, yang berhak menerima gaji dari Pemerintah hanya pegawai negeri selain pegawai negeri tidak berhak menerima gaji dari Pemerintah. Hak seseorang adalah kewajiban orang lain, Kewajiban orang lain adalah hak seseorang. Allah berhak disembah, berarti manusia wajib menyembah Allah dan selain Allah tidak berhak disembah.
·         Maka Ubudiyah pengertiannya : hanya Allah yang wajib disembah (dipuja), tanpa sekutu dalam pemujaan-Nya, “iyyaka nakbudu”. Allah mengajarkan bahwa hanya Allah yang wajib disembah, hanya Engkau (Allah) yang disembah (Quran, Surat Al Fatihah, ayat : 5 ).
3. RUBUBIYAH :
·         Yang dimasud dengan rububiyah adalah hal pemeliharaan dan penguasaan alam seisinya. Allah yang menciptakan alam dan Allah sendiri yang memelihara sekaligus menguasai-Nya dengan tidak memerlukan bantuan fihak lain. Ternyata alam seisinya berjalan teratur rapi. Bumi, matahari, bulan dan bintang beredar pada garis edarnya masing-masing dengan teratur. “Wasysyamsu tajri limustaqorrillaha” dan matahari berjalan ditempat peredarannya (Quran Surat Yasin, ayat : 38). Mahkluk hidup mulai dari yang terkecil sampai yang besar, tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia semua dapat makan sesuai dengan kebutuhannya. Allah mampu menciptakan alam seisinya dan mampu pula memeliharanya, dan atas kekuasaan-Nya alam seisinya dalam genggaman-Nya, akan digelar terus atau dihancurkannya alam ini, itu semua Allah sendiri yang menentukan.
·         Maka rububiyah pengertiannya : hanya Allah yang memelihara dan menguasai apa yang ada di alam ini, tanpa campur tangan orang lain.
4. MULKIYAH :
“Malikinnas” (raja manusia), “ma- liki yaumiddin” (yang menguasai hari pembalasan). Mulkiyah berarti Allah menguasai dunia dan akhirat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar