Selasa, 05 Mei 2015

USAHA MENINGKATKAN IMAN



USAHA MENINGKATKAN IMAN
Catatan : Anis Purwanto


إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ثُمَّ لَمۡ يَرۡتَابُواْ وَجَـٰهَدُواْ بِأَمۡوَٲلِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ‌ۚ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلصَّـٰدِقُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu  dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar”. (QS. Al Hujurat :15)


يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ ءَامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَـٰبِ ٱلَّذِى نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلۡڪِتَـٰبِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِن قَبۡلُ‌ۚ وَمَن يَكۡفُرۡ بِٱللَّهِ وَمَلَـٰٓٮِٕكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَـٰلاَۢ بَعِيدًا.

“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya , Rasul-Rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejau-jauhnya”. (QS. An Nisa’ :136)
.
 Penjelasan yang dapat kita ambil:
1.      -  Setelah tertanam iman lalu timbul kewajiban untuk melaksanakan perintah kebajikan menjalankan dan menjaga agama.
2.      - Berdasar hadist riwayat Bukhari dari Abu Hurairah iman meliputi 69 cabang yang meliputi aqidah, ahkam (hukum) dan ahklaqul karimah, yakni sifat dan sikap seseorang dalam hidupnya yang lebih baik menjalin hubungan dengan Kholiknya, dengan sesama manusia bahkan dengan lingkungannya.
3.      - Meningkatkan iman berarti meningkatkan keyakinan dan pengamalan terhadap perintah Allah, serta meningkatkan usaha kita menguasai diri hingga dapat menampilkan diri yang lebih baik dihadapan Allah dan ditengah-tengah masyarakat.

Rukun Iman :
“Percaya kepada Allah, Malaikat, Kitab-Kitab, Rasul, Hari Akhir dan Qodar (kepastian baik/buruk)”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar