Rabu, 18 Januari 2017

SPIRIT TAHAJUD



SPIRIT TAHAJUD
Catatan : Anis Purwanto*

1.      Shalat  Tahajud adalah sebuah bentuk efektif pelatihan pikiran, untuk selalu focus berfikir menyatu dengan-Nya, menyerahkan kepada-Nya, membangun paradigma sabar dan sukur dalam setiap pemikiran, yang akan berdampak kepada perkataan dan perbuatan sehari-hari.
2.      Shalat Tahajud adalah merupakan shalat sunah utama yang baik apabila dikerjakan setiap malam, karena akan mengangkat derajat ketempat yang mulia.
وَمِنَ ٱلَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهِۦ نَافِلَةً۬ لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامً۬ا مَّحۡمُودً۬ا
                         “ Dan pada sebagaian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah), tambahan  bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”.  (QS. Al-Isra’:79).
3.      Bila malam mulai merayap kekedalaman menuju fajar, bangkitlah dari tidur untuk bermunajat kepada-Nya, seraya merenungi semua nikmat serta memohon kebahagiaan dunia dan akhirat.
“Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat, seandainya seseorang meninta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat, niscaya Allah akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam”. (Al-Hadist).
4.      Keutamaan dan keindahan shalat tahajud : 

ءَاخِذِينَ مَآ ءَاتَٮٰهُمۡ رَبُّہُمۡ‌ۚ إِنَّہُمۡ كَانُواْ قَبۡلَ ذَٲلِكَ مُحۡسِنِينَ (١٦) كَانُواْ قَلِيلاً۬ مِّنَ ٱلَّيۡلِ مَا يَہۡجَعُونَ (١٧) وَبِٱلۡأَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُونَ (١٨)
  
“mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum  itu (didunia) adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam. Dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)”. . (QS Adz – Dzaariyat : 16-18).
5.      Sungguh indah dan nikmat bila bermunajat kepada-Nya dikeheningan malam, kemudian diteruskan dengan bertasbih.
وَٱصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعۡيُنِنَا‌ۖ وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ
 “Dan bersabarlah (Muhammad) menunggu ketetapan Tuhanmu, karena sesungguhnya engkau berada dalam pengawasan  Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika engkau bangun” (QS.  Ath-Thur:48).
                                                                                              * (diambil dari beberapa tulisan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar