Selasa, 04 Maret 2014

USAHA MENINGKATKAN IMAN



USAHA MENINGKATKAN IMAN
Catatan : Anis Purwanto*


إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ثُمَّ لَمۡ يَرۡتَابُواْ وَجَـٰهَدُواْ بِأَمۡوَٲلِهِمۡ وَأَنفُسِهِمۡ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ‌ۚ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلصَّـٰدِقُونَ
“Sesungguhnya orang-orang yang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu, dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar” . ( QS. Al-Hujurat:15 ).

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ ءَامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلۡكِتَـٰبِ ٱلَّذِى نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلۡڪِتَـٰبِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِن قَبۡلُ‌ۚ وَمَن يَكۡفُرۡ بِٱللَّهِ وَمَلَـٰٓٮِٕكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ فَقَدۡ ضَلَّ ضَلَـٰلاَۢ بَعِيدًا
“Wahai orang-orang yang beriman ! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian , maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh” . ( QS. An-Nisa’:136 ).

Penjelasan :
-          Setelah tertanam iman lalu timbul kewajiban untuk melaksanakan perintah kebajikan, menjalankan dan menjaga agama.
-          Berdasarkan hadits riwayat Bukhari dari Abu Hurairah iman meliputi 69 cabang yang meliputi aqidah, ahkam (hukum) dan ahklaqul karimah, yakni sifat dan sikap seseorang dalam hidupnya yang lebih baik dalam menjalin hubungan dengan kholiknya, dan dengan sesama manusia bahkan dengan lingkungannya.
-          Meningkatkan iman berarti meningkatkan keyakinan dan pengamalan terhadap perintah Allah, serta meningkatkan usaha kita menguasai diri hingga dapat menampilkan diri yang lebih baik di hadapan Allah dan di tengah-tengah masyarakat.

Rukun iman :
“Percaya kepada Allah, Malaikat, Kitab-kitab, Rasul, Hari akhir dan qodar (kepastian baik/buruk)”.

·         ( Disarikan dari berbagai sumber ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar