Kamis, 09 Oktober 2014

KHUTBAH JUM'AT BAHASA JAWA : ENTHENG ING BABAGAN KESAENAN



KHUTBAH JUM’AT
ENTHENG ING BABAGAN KESAENAN
Dening : ANIS PURWANTO

Hadirin Jamaah Jum’ah, rakhimakumullah.
            Kagem pambukaning khutbah, sumangga kita aturaken puja puji syukur ing ngarsa dalem Allah SWT, ingkang sampun paring rahmat saha hidayah dhumateng kita sedaya, sahingga wanten ing siyang punika kita sedaya saget nindakaken ibadah jum’ah, kanthi ihklas krana Allah SWT. Mugi-mugi kita saget manggih kawilujengan ing donya dalah ing akhirat. Shalawat saha salam katur dhumateng junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.
Hadirin Jamaah Jum’ah, rakhimakumullah.
            Dinten Jum’ah punika dinten ingkang kawitan saksampunipun kita nindakaken sawerninipun kegiatan magepokan kaliyan mangayubagya ariyadin Idul adha, malah sakderengipun kita sampun sesarengan mangayubagya Idul Fitri. Pramila saking punika ateges sampun jangkep anggen kita sesarengan ngraosaken mongkok dalah gumbiraning manah. Selajengipun mestinipun kita lajeng ancang-ancang miwiti sawenehipun kesaenan, sae ing babagan pagesangan ing ngalam ndonya, langkung-langkung pagesangan kita ing akhirat mbenjang, ngantos dhatengipun kalih ariyadin, Idul fitri lan Idul Adha tahun ngajeng.
            Mila ing ngriki kita lajeng dipun engetaken dhateng satunggalipun nasehat, bilih miwiti sawenehipun pedamelan kanthi sae, ateges sampun ngrampungaken sepalih pendamelan punika kalawau. Jumbuh kaliyan conto luhur Kanjeng Nabi Muhammad SAW, ing saben-saben enjang panjenenganipun atur panyuwun : “Allahumma inni as aluka ‘ilman naa’imaan wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbalaan”. Ingkang artosipun : “Ya Allah, estu kawula nyuwun dhumateng Paduka ilmu ingkang manfaat, rezki ingkang sae, lan amal ingkang dipun tampi”. (Sunan Ibnu Majah).
Hadirin Jamaah Jum’ah, rakhimakumullah.
            Manawi hadis punika kita taliti, pranyata Kanjeng Nabi SAW negesaken panyuwun werni tiga ing saben-seben enjang, inggih punika, ilmu, rizki lan ketampinipun sedaya amal kesaenan. Saestu kita mboten selak, inggih tigang perkawis punika mujudaken perkawis ingkang inti wonten ing salebetipun gesang. Saben-saben manungsa mesti mbetahaken tambahan ilmu, ilmu punapa kemawon, langkung-langkung ilmu agami, ingkang minangka sarana kagem sampurnanipun ibadah kita. Ingkang ongko kalih, kita mesti mbetahaken rizki, rizki ingkang sae dalah halal, minangka kebetahan pokok agesang, utaminipun babagan pangan, sandang dalah papan. Lan ingkang penting malih, kita kepingin sedaya amal dipun tampi dening Allah SWT. Ingkang menika mujudaken perkawis ingkang paling penting.
            Allah SWT sampun paring pemut, engkang kasebat ing Al-Qur’an Surat Az-Zumar ayat 65 :

وَلَقَدۡ أُوحِىَ إِلَيۡكَ وَإِلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكَ لَٮِٕنۡ أَشۡرَكۡتَ لَيَحۡبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡخَـٰسِرِينَ
 “Wis tenan-tenan diparingake minangka wahyu marang sira lan marang wong-wong (para Nabi lan Rasul) sakdurungira (kang paring dhawuh) : “Yen sira tumindak syirik, mula mesti bakal pedhat amalira (saka ganjarane), lan sira mesti bakal dadi golongane wong-wong kang rugi”.
            Mila saking punika, sumangga kita estu-estu niyataken kangge nanem kesaenan sakathah-kathaipun kangge diri, keluwarga lumeberipun dhumateng masyarakat. Kuncinipun, dumunung wonten ing ilmu ingkang manfaat, rezki ingkang berkah lan halal, saha katampinipun sedaya amal kita. Sedaya punika kedah dipun wiwiti saking badan kita piyambak-piyambak, kagem anggayuh kautamen lan ridha saking ngarsanipun Allah, kanthi taat sataat-taatipun dhumateng Rasulullah SAW.
            Atur makaten punika jumbuh kaliyan pangandikanipun Allah SWT, ingkang kasebat wonten ing Surat Al-Hasyr ayat 7 :
وَمَآ ءَاتَٮٰكُمُ ٱلرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَہَٮٰكُمۡ عَنۡهُ فَٱنتَهُواْ‌ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلۡعِقَابِ        
 “Lan tampanen (tindakna) apa bae kang ditekakake Rasul marang sira, lan tinggalna apa bae kang Rasul penging tumrapira. Lan padha taqwa-a sira marang Allah, satemene Allah iku abot banget pasiksane”.
Hadirin Jamaah Jum’ah, rakhimakumullah.
            Kangge anggayuh karidhoaan Allah dalah taat dhumateng Rasulullah SAW punika, kedah kita bayar kanthi pengorbanan ingkang mboten entheng. Sapunika kantun kita piyambak-piyambak, suwarga punika mila awis reginipun, lan kedah dipun perjuangaken kanthi punapa kemawon, wekdal, tenaga, pikiran, bondho donya, lan bilih perlu, saget ugi kanthi nyorohaken nyawa. Kita ihklas nindakaken sawerninipun kesaenan kagem anggayuh kabekjan lan kamulyan ing donya dalh ing akhirat. Amin ya rabbal ‘alamin.

Selasa, 07 Oktober 2014

KARAKTER ORANG YANG BERTAQWA



KARAKTER ORANG YANG BERTAQWA
Catatan : Anis Purwanto*

1.      Beriman kepada hal-hal yang ghaib.
ٱلَّذِينَ يُؤۡمِنُونَ بِٱلۡغَيۡبِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَمِمَّا رَزَقۡنَـٰهُمۡ يُنفِقُونَ
“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rizki yang Kami berikan kepada mereka”. ( QS Al-Baqarah : 3 ).
Dengan perincian sevagai berikut :
a.       Beriman kepada Allah SWT dan Malaikat.
لَّيۡسَ ٱلۡبِرَّ أَن تُوَلُّواْ وُجُوهَكُمۡ قِبَلَ ٱلۡمَشۡرِقِ وَٱلۡمَغۡرِبِ وَلَـٰكِنَّ ٱلۡبِرَّ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ وَٱلۡمَلَـٰٓٮِٕڪَةِ وَٱلۡكِتَـٰبِ وَٱلنَّبِيِّـۧنَ وَءَاتَى ٱلۡمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِۦ ذَوِى ٱلۡقُرۡبَىٰ وَٱلۡيَتَـٰمَىٰ وَٱلۡمَسَـٰكِينَ وَٱبۡنَ ٱلسَّبِيلِ وَٱلسَّآٮِٕلِينَ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّڪَوٰةَ وَٱلۡمُوفُونَ بِعَهۡدِهِمۡ إِذَا عَـٰهَدُواْ‌ۖ وَٱلصَّـٰبِرِينَ فِى ٱلۡبَأۡسَآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَحِينَ ٱلۡبَأۡسِ‌ۗ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ ٱلَّذِينَ صَدَقُواْ‌ۖ وَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡمُتَّقُونَ
“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. ( QS.Al-Baqarah : 177 ).
b.      Yakin akan adanya akhirat.
وَٱلَّذِينَ يُؤۡمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبۡلِكَ وَبِٱلۡأَخِرَةِ هُمۡ يُوقِنُونَ
“Dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (muhammad) dan (Kitab-Kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat”. ( QS.Al-Baqarah : 4 ).
2.      Beriman kepada Kitab-Kitab dan para Nabi.
 “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. ( QS.Al-Baqarah : 177 ).
Dengan perincian sebagai berikut :
a.       Beriman kepada Al-Qur’an.
Dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (muhammad) dan (Kitab-Kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat”. ( QS.Al-Baqarah : 4 ).
b.      Beriman kepada Kitab-Kitab sebelum Al-Qur’an.
“Dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (muhammad) dan (Kitab-Kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat”. ( QS.Al-Baqarah : 4 ).
3.      Mendirikan shalat.
“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang baib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rizki yang Kami berikan kepada mereka”. ( QS Al-Baqarah : 3 ).
4.      Orang yang sedikit tidur pada malam hari untuk beribadah kepada Allah SWT,  memohon ampunan.
كَانُواْ قَلِيلاً۬ مِّنَ ٱلَّيۡلِ مَا يَہۡجَعُونَ
“Mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam”. (QS. Az-Zariyat : 17 ).
وَبِٱلۡأَسۡحَارِ هُمۡ يَسۡتَغۡفِرُونَ
“Dan pada akhir malam mereka memehon ampunan  (kepada Allah)”. (QS. Az-Zariyat : 18 ).
5.      Memohon ampun kepada Allah SWT.
a.     Beristighfar pada waktu sebelum fajar.
ٱلصَّـٰبِرِينَ وَٱلصَّـٰدِقِينَ وَٱلۡقَـٰنِتِينَ وَٱلۡمُنفِقِينَ وَٱلۡمُسۡتَغۡفِرِينَ بِٱلۡأَسۡحَارِ
“(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar”. (QS. Ali-Imran : 17 ).
b.    Orang yang ketika berbuat dosa segera mengingat Allah, memohon ampun, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
     وَٱلَّذِينَ إِذَا فَعَلُواْ فَـٰحِشَةً أَوۡ ظَلَمُوٓاْ أَنفُسَہُمۡ ذَكَرُواْ ٱللَّهَ فَٱسۡتَغۡفَرُواْ لِذُنُوبِهِمۡ وَمَن يَغۡفِرُ ٱلذُّنُوبَ إِلَّا ٱللَّهُ وَلَمۡ يُصِرُّواْ عَلَىٰ مَا فَعَلُواْ وَهُمۡ يَعۡلَمُونَ
“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui”. (QS. Ali-Imran : 135 ).
6.      Senantiasa berdo’a.
ٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَآ إِنَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغۡفِرۡ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ
“(yaitu) orang-orang yang berdo’a, “Ya Tuhan kami, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka”. ( QS. Ali-Imran : 16 ).
7.      Mengagungkan syiar Allah SWT.
ذَٲلِكَ وَمَن يُعَظِّمۡ شَعَـٰٓٮِٕرَ ٱللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقۡوَى ٱلۡقُلُوبِ
“Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan sui’ar-sui’ar Allah, maka sesungguhnya hal itu timbul dari ketaqwaan hati”. (QS. Al-Hajj : 32 ).
8.      Menginfakkan sebagian hartanya.
“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rizki yang Kami berikan kepada mereka”. ( QS Al-Baqarah : 3 ).
Dengan perincian sebagai berikut :
a.       Berinfak dengan harta yang dicintai.
“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. ( QS.Al-Baqarah : 177 ).
b.      Berinfak baik ketika lapang maupun sempit.
ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلۡڪَـٰظِمِينَ ٱلۡغَيۡظَ وَٱلۡعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ‌ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلۡمُحۡسِنِينَ
(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan oran-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali-Imran : 134 ).
9.      Menepati janji.
“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. ( QS.Al-Baqarah : 177 ).
10.  Bersabar dalam kemelaratan, penderitaan dan ketika perang.
“Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. ( QS.Al-Baqarah : 177 ).
11.  Berlaku jujur dan benar.
 “(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar”. (QS. Ali-Imran : 17 ).
12.  Taat terhadap perintah Allah SWT.
“(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar”. (QS. Ali-Imran : 17 ).
13.  Mampu menahan amarah.
(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan oran-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali-Imran : 134 ).
14.  Suka memaafkan orang lain.
(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan oran-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali-Imran : 134 ).
15.  Suka berbuat baik.
ءَاخِذِينَ مَآ ءَاتَٮٰهُمۡ رَبُّہُمۡ‌ۚ إِنَّہُمۡ كَانُواْ قَبۡلَ ذَٲلِكَ مُحۡسِنِينَ
“mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik”. (QS. Az-Zariyat : 16 ).
·         Sumber dari Miftah Khilmi Hidayatulloh, Lc, Suara Muhammadiyah ,16-31 Agustus 2014.

  

Kamis, 02 Oktober 2014

KHUTBAH JUM'AT MENJELANG IDUL ADHA : REVOLOSI KEYAKINAN DALAM PERISTIWA KURBAN



KHUTBAH JUM’AT MENJELANG IDUL ADHA
REVOLOSI KEYAKINAN DALAM PERISTISWA KORBAN
Oleh : ANIS PURWANTO


Ma’asyiral Muslimin jamaah jum’ah rokhimakumullah.
Segala puji atas limpahan karunia Allah SWT. yang tak pernah habis-habisnya kita rasakan dan nikmati. Sebagai ungkapan rasa syukur kita,  marilah kita perbaiki hubungan kita dengan Allah SWT dengan meningkatkan kualitas iman dan taqwa, menjadikan setiap gerak dan langkah kita mencari keridhoaan Allah semata.  Shalawat dan salam kita sampaikan kepada baginda Rasulullah SAW.
Hari raya Idul Adha tahun ini saudara, nampaknya memang akan ada dua fersi pelaksanaan, sebagian kaum muslimin yang dengan kemantapan dan keyakinan hatinya akan melaksanakan shalat Id pada hari Sabtu besok, hal ini didasarkan bahwa pada hari ini  adalah pelaksanaa wukuf di Arofah, namun sebagian yang lainnya,  sesuai dengan ketetapan pemerintah RI akan melaksanakan sholat Id pada hari Ahad.
Inilah saudara kenyataannya, karenanya jika kita mempunyai hati yang lapang didalam memandang persoalan itu, persoalan itu tidak akan diulang-ulang dipertentangkan. Semua akan baik-baik saja, ibadah sesuai dengan kemantapan dan ketetapan hatinya. Bagi yang tak sepahampun mestinya tidak usah memperuncing dengan dalih dan alasan yang justru memperbesar perbedaan.
            Didalam kehidupan sehari-hari ataupun didalam pelaksanaan ibadah sekalipun perbedaan sudah menjadi hal yang sangat biasa dan sering ditemui. Tapi memperpanjang perbedaan sungguh hal yang sangat merugikan umat Islam sendiri. Sebab dihadapan umat Islam masih terbentang persoalan yang lebih besar dan lebih dibutuhkan kebersamaan. Kita tidak akan mampu untuk memikul seorang diri, kita butuh orang lain, meskipun dia tidak sepaham dan sealiran dengan kita. Kita butuh kawan yang benar-benar mau memandang bersama ditengah-tengah perbedaan. Berkeyakinan, berucap dan bertindak dengan kejernihan hati akan lebih menguntungkan dari pada mempertahankan keyakinan dan tindakan yang dapat mempertajam persoalan umat. Kita sadar bahwa perbedaan adalah rahmat yang diberikan oleh Allah SWT, yang pengejawantahannya sungguh dibutuhkan kearifan dan hati yang jernih.
Sebab landasan fundamental kita adalah iman kepada Allah SWT. Sebagai manusia beriman, mestinya tidak akan membiarkan diri kita karam, karena iman yang terhujam dalam hatinya menjadi pegangan rohani “yang kuat”, yang mesti lembut namun teramat kokoh. Dalam Islam, iman adalah  kebutuhan jiwa yang teramat mendasar, melebihi segala-galanya. Iman yang dipilih  secara sadar dan sengaja, akan menjadikan pemiliknya menjadi manusia tangguh, ketika berhadapan dengan segala corak situasi, betapaun berat dan sulit, betapapun rumit dan dilematis. Sebab, dengan mutiara iman yang mahal itu, akan dapat terpancarkan dalam setiap pikiran, dan perbuatannya.
إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ ٱللَّهُ وَجِلَتۡ قُلُوبُہُمۡ وَإِذَا تُلِيَتۡ عَلَيۡہِمۡ ءَايَـٰتُهُ ۥ زَادَتۡہُمۡ إِيمَـٰنً۬ا وَعَلَىٰ رَبِّهِمۡ يَتَوَكَّلُونَ
 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu ialah, mereka yang apabila nama Allah disebut, gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat Allah kepada mereka, bertambahlah iman mereka, dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal”.(QS Al Anfal:2)

Ma’asyiral Muslimin jamaah jum’ah rokhimakumullah.
          Sebab jujur kita harus berani mengatakan, bahwa sebagian kehidupan kita masih terlalu banyak diarahkan oleh hawa nafsu. Karenanya menjadi keharusan bagi semua umat Islam untuk kembali mengenang dan mengambil iktibar tentang adanya peristiwa dramatik yang terurai pada sejarah Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Dalam peristiwa itu dilukiskan betapa iman yang dipilih secara sadar dan sengaja dapat mengalahkan segala-galanya, sekalipun itu pertimbangan logis. Dalam kasus sejarah kenabian, peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim as dan putra beliau “Nabi Ismail as”  merupakan peristiwa dilematis, tetapi keduanya sepakat menempuh karena pencaran iman.
          Dari sejarah kita mengetahui bahwa Ismail di mata Nabi Ibrahim as, bukanlah semata-mata anak bagi seorang ayah, namun Ismail adalah buah hati bersulam kasih sayang, yang telah didambakan Nabi Ibrahim as sangat lama, dan merupakan hadiah yang diterimanya sebagai imbalan karena ia telah memenuhi hidupnya dengan perjuangan. Tetapi tanpa di duga, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim as agar menyembelih buah hati yang sangat disayanginya itu.
          Betapa guncangnya jiwa Nabi Ibrahim as menerima perintah itu, tidaklah dapat dibayangkan. Nabi Ibrahim as sebagai hamba Allah SWT yang paling muhklis dan patuhpun bisa gemetar dan goyah. Hatinya bergolak. Hati kecilnya diliputi tanda Tanya. Siapakah yang lebih dicintai, Allah ataukah Ismail. Inilah pilihan yang sangat dilematis itu.
          Namun getaran jiwa yang dikendalikan oleh iman, akhirnya memenangkan Nabi Ibrahim as dalam pergolakan batin itu. Langkahnya berpihak kepada Allah SWT, dan pasrah mengorbankan Ismail yang sangat dicintainya. Sejarah manapun belum pernah mencatat adanya peristiwa antara ayah-anak seperti ini, yang didahului dialog yang sangat bersahabat namun mencekam adanya.
فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعۡىَ قَالَ يَـٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلۡمَنَامِ أَنِّىٓ أَذۡبَحُكَ فَٱنظُرۡ مَاذَا تَرَىٰ‌ۚ قَالَ يَـٰٓأَبَتِ ٱفۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُ‌ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّـٰبِرِينَ
“Ibrahim berkata, Hai anakku, sesungguhnya aku melihat didalam mimpi bahwa aku akan meyembelihmu, maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu ?. Dia (Ismail) menjawab; Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada engkau, insya Allah engkau akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar”. (QS.Ash Shaffat:102).
          Dari peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim as, telah memberikan gambaran tentang adanya revolosi keyakinan yang sangat besar untuk memantapkan keyakinan dan patuh hanya kepada Allah SWT. Dan tidak sepantasnya manusia diperbudak oleh harta benda duniawiyah, betapapun sepintas nampak hebat dan mengagumkan. Maka ketundukan dan pasrah diri hanya kepada Allah SWT. Disilah letak konsep tauhid, dimana dengan tauhid manusia akan terangkat derajatnya dan mampu menghadapi berbagai problem hidupnya.
          Keteladanan Nabi Ibrahim as hendaklah juga dijadikan contoh bagi keluarga masa kini. Kecintaan kepada sesuatu yang sangat dicintai, termasuk kecintaan kepada harta benda secara berlebihan dapat berakibat memudarnya keutuhan tauhid kita. Disamping dapat berakibat lahirnya sifat egoistis dan takabur,juga akan menimbulkan sikap kapitalis, sebuah sikap yang dibenci oleh Islam. Begitu pula dalam mencintai agama ini, manakala dilakukan dengan fanatic buta akan melahirkan sifat anti pati terhadap orang yang tidak sepaham dengan dirinya, sehingga ketenteraman yang merupakan inti dari ajaran agama, tidak akan sampai pada tujuannya.
          Jika diperbandingkan, ajaran Islam sebagaimana yang telah diperagakan dengan bagus oleh Nabi Ibrahim as dan Ismail as, dengan praktek-praktek kehidupan sekarang ini, maka secara jujur harus diakui bahwa masih terlalu banyak jarak antara cita-cita Islam dengan kenyataan riil perilaku umatnya. Banyak diantara kita “yang sudah mampu”, namun enggan mengorbankan sesuatu yang dicintainya, untuk sekedar turut dirasakan oleh saudara se iman. Bahkan  masih banyak yang telah membuat saudara-saudara se iman menjerit, merintih dan menangis, lantaran mereka menjadi korban perbuatan kita, hanya demi memperoleh dan memenuhi kepuasan pribadi, kelompok atau golongan. Yang lebih menyedihkan lagi adalah, bila ada diantara kita yang sudi mengorbankan agama atau  akidahnya demi kesenengan dan kenikmatan sesaat.
          Inilah sebagian kecil dari butir-butir hikmah idul kurban yang dapat kita sampaikan. Tentu semuanya berpulang kepada kita masing-masing, sejauh mana kepedulian kita memetik butir-butir hikmah yang terkandung didalam pelaksanaan idul adha nanti. Dan sisi lain semoga saudara-saudara kita yang saat ini sedang berkumpul melaksanakan wukuf dipadang arofah, benar-benar mendapat haji mabrur.
          Akhirul kalam, mari kita berharap semoga kita semua, selalu mendapat hidayah, ma’unah dari Allah SWT, bahagia di dunia dan di akhirat, amin ya rabbal ‘alamin.